Today's SoulFood Reading

for Thursday, Jan 13

‘Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak.’ Matius 5:37 

Para negosiator yang baik memahami bahwa berbicara terlalu banyak adalah tanda ketidakamanan dan kelemahan. Terkadang kata yang paling ampuh dalam bahasa apa pun adalah sesederhana ya atau tidak, tanpa penjelasan atau elaborasi lebih lanjut. Sebagian besar keputusan pada akhirnya sampai pada titik itu. Agar dapat melakukan itu, Anda harus mampu menjawab tiga pertanyaan ini:

(1) Apakah keputusan ini dibuat oleh diri saya sendiri? Jika Anda adalah satu-satunya pengambil keputusan atau pengambil keputusan akhir, jangan ragu dan jangan bimbang, buat keputusan itu. Dan sebelum Anda melakukannya, bergantunglah pada ayat Alkitab ini: ‘Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit, maka hal itu akan diberikan kepadanya.’ (Yakobus 1:5)

(2) Apa yang akan terjadi jika saya menunda keputusan ini? Dalam kebanyakan kasus, keadaan akan menjadi lebih baik atau lebih buruk bagi satu atau lebih orang. Jadi pertimbangkan keputusan Anda dengan hati-hati, menyadari bahwa kemungkinan besar akan condong ke arah mendukung bobot argumen yang lebih berat, lalu buat keputusan. Pada titik ini, bergantunglah pada ayat Alkitab ini: ‘Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.’ (Amsal 3:5–6)

(3) Apakah setiap keputusan memiliki dimensi moral dan rohani? Jika Anda berkompromi dengan pendirian atau karakter Anda demi popularitas atau keuntungan, Anda berakhir dengan kebangkrutan secara moral dan rohani. Jadi berpeganglah pada nilai-nilai Anda, alaskan keputusan Anda pada nilai-nilai itu, serta bergantunglah pada ayat Alkitab ini: ‘Orang baik dikenan TUHAN.’ (Amsal 12:2)

SoulFood: Kel 28–29, Mat 6:19–34, Maz 74:1–11, Ams 2:6

The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright ©

The Word for Today Archive

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728     
       
28      
       
      1
       
     12
       

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728