Today's SoulFood Reading

for Saturday, Apr 30

‘Sampai kepada hari ini aku tetap hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah.’ Kisah Para Rasul 23:1

Di peringatan Mark Twain di Hartford, Connecticut, Anda akan menemukan kata-kata ini dibingkai: 'Selalu lakukan yang benar. Ini akan memuaskan beberapa orang dan mengejutkan sisanya. Benar-benar milikmu, Mark Twain, New York, 16 Februari 1901.’

Ketika hati nurani Anda diprogram dan diatur oleh Firman Tuhan, itu akan menuntun Anda untuk melakukan hal yang benar setiap saat. Dan itu diciptakan oleh pelajaran pertama yang Anda pelajari tentang benar dan salah; itulah sebabnya, sebagai orang tua, Anda memiliki pekerjaan paling penting di dunia. Jika Anda tidak pernah diajarkan pelajaran itu, Anda gagal mengembangkan hati nurani. Jika Anda mengajari mereka dengan buruk atau tidak lengkap, Anda mengembangkan hati nurani yang kerdil. Jika Anda mengesampingkan hati nurani Anda dan menolak untuk mematuhi suara batinnya, Anda mengembangkan hati nurani yang mengeras dan, seiring waktu, Anda akan menjalani hidup Anda seolah-olah Anda tidak memilikinya sama sekali. Anda akan berkompromi, menutupi, dan mengambil jalan pintas untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Anda tidak dapat melihat hati nurani atau otopsi, tetapi Anda dapat mendengarnya berbisik di benak Anda dan merasakannya menarik-narik hati Anda. Dan itulah bisikan dan tarikan yang harus Anda tanggapi agar berjalan dalam berkat Tuhan.

Paulus mengatakan dua hal penting tentang hati nuraninya:

(1) 'Sebab itu aku senantiasa berusaha untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia.' (Kis 24:16)

(2) 'Saya telah hidup dengan hati nurani yang baik di hadapan Tuhan sampai hari ini.' Di atas segalanya, jangan abaikan hati nurani Anda—itu sehat atau menjadi tidak sehat. Dan seiring berjalannya waktu, begitu pula karakter Anda, reputasi Anda, dan kualitas hidup Anda.

SoulFood: Bil 14–15, Mrk 6:1–13, Maz 37:1–7, Ams 11:1–2

The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright ©

The Word for Today Archive

SunMonTueWedThuFriSat
282930    
       
   1234
262728    
       
  12345
2728     
       
28      
       
      1
       
     12
       

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
282930    
       
   1234
262728    
       
  12345
2728