Today's SoulFood Reading

for Sunday, Apr 03

‘Hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu.’ Yesaya 42:9 

Penduduk kota yang sama yang mengusir Yefta adalah orang-orang yang meminta bantuannya ketika mereka diancam oleh musuh yang kuat. Jadi inilah pelajaran pertama: Orang lain tidak menentukan masa depanmu, Tuhan yang menentukan!

Bangsa Israel hidup dalam pengasingan dan perbudakan ketika Tuhan membuat janji ini kepada mereka: 'Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah Firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.’ (Yer 29:11) Rencana Tuhan untuk Anda akan menang atas setiap rencana lainnya.

Inilah pelajaran kedua: jalan persatuan membutuhkan pembicaraan persatuan. Yefta segera merangkul hubungan baru. 'Kemudian Yefta mengirim utusan kepada raja bani Amon dengan pesan: “Apakah urusanmu dengan aku, sehingga engkau mendatangi aku untuk memerangi negeriku?' (Hak 11:12) Perhatikan kata-kata 'saya' dan 'negaraku'. Dia meninggalkan luka masa lalunya dan sepenuhnya merangkul penyebabnya.

Deborah Pegues menulis: 'Dia siap berjalan dalam kesatuan. Dan jalan persatuan membutuhkan pembicaraan persatuan. Anda akan terkejut melihat dampak pembicaraan persatuan terhadap sikap dan hubungan Anda. Anda akan mendapati diri Anda menjadi kurang kritis terhadap orang lain begitu Anda menjadikan “pembicaraan tim” seperti itu sebagai kebiasaan.’ Itu tidak berarti Anda akan selalu saling berhadapan dalam setiap masalah. Itu hanya berarti penyebab dan visi yang Anda bagikan lebih besar dan lebih penting daripada perbedaan pemikiran dan pendapat Anda.

Alkitab berkata, 'Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera' (Ef 4:3)

SoulFood: 2 Taw 7:12–16, Mat 6:5–15, Luk 18:1–8

The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright ©

The Word for Today Archive

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728     
       
28      
       
      1
       
     12
       

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728