Anda Bisa Mendapatkan Kembali Apa yang Telah Hilang!

Dec 17, 2023

‘Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.’1 Samuel 30:8 

Sementara Daud dan anak buahnya pergi berperang, orang Amalek menghancurkan rumah mereka dan membawa keluarga mereka sebagai tawanan. Pertama, pasukan Daud menangis. Kedua, mereka meminta bimbingan Daud. Ketiga, Daud mencari Tuhan, dengan mengatakan, ‘“Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Dapatkah mereka kususul?" Dan Ia berfirman kepadanya: "Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.”’ Perhatikan empat poin penting:

(1) Setan akan menyerang orang yang Anda cintai untuk mendapatkan Anda. Misalnya, suami Anda kehilangan pekerjaan atau istri Anda menemukan benjolan di payudaranya, atau hal-hal kecil seperti pertengkaran keluarga dan kurangnya pengertian satu sama lain. Anda harus tetap waspada dan melihat serangan Setan sehingga Anda dapat membela diri melawannya.

(2) Cintai orang tapi bersandarlah hanya pada Tuhan. Orang-orang yang membantu Daud pada suatu hari berbalik melawannya. Karena itulah kekuatan, strategi, dan solusi hidup Anda harus datang dari Tuhan, bukan orang lain.

(3) Bicaralah pada diri sendiri dengan cara yang benar. ‘Daud menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN.’ (1 Samuel 30:6) Jika Anda merasa putus asa, bicarakan masalah Anda. Jika Anda ingin dibantu, berbicaralah dengan Dia yang dapat mengubah situasi Anda—Tuhan. Alkitab berkata, 'Lidah yang sehat [membantu, positif, menginspirasi] adalah pohon kehidupan.' (Amsal 15:4) Jadi belajarlah berbicara pada diri sendiri dengan cara yang benar.

(4) Anda bisa mendapatkan kembali apa yang hilang. Tuhan berkata kepada Daud, 'Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.' Apa yang Tuhan lakukan untuk Daud dan prajuritnya hari itu, Dia akan melakukannya untuk Anda, jika Anda mencari Dia.

SoulFood: Yun 2, Luk 11:29-36
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728