Bagaimana Menyelesaikan Masalah-masalah Anda

Dec 16, 2023

‘Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu.’Yohanes 14:26 

Pertama, dengarkan Roh Kudus di dalam diri Anda. Dia akan terus-menerus mengingatkan Anda tentang rencana Tuhan dan menunjukkan kepada Anda bagaimana melaksanakannya. Dia akan ‘mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.’ (Yohanes 14:26) Apa yang Firman Tuhan perintahkan untuk Anda lakukan? Sudah belum? Ketaatan adalah pintu menuju berkat.

Kedua, luangkan waktu bersama Tuhan dalam doa setiap hari: ‘Sebab Ia melindungi aku dalam pondok-Nya pada waktu bahaya.’ (Mazmur 27:5) Awalnya berupa 'tenda', 'paviliun' lalu menjadi kamar pribadi di istana, yang dibentengi dengan baik, bahkan jika musuh menemukannya, mereka tidak bisa masuk ke dalamnya. Bahkan apabila perang terjadi di luar; di tempat rahasia ada kedamaian. Apakah Anda membiarkan hal-hal yang tidak terlalu penting menguasai Anda? Apakah Anda kesal karena hal-hal sepele? Luangkan waktu bersama Tuhan dan biarkan Dia memulihkan perspektif Anda.

Ketiga, jangan pernah terlalu sombong untuk meminta nasihat dan bantuan. Alkitab mengatakan bahwa kita yang kuat harus menanggung beban yang lemah (Roma 15:1). Ada saatnya kita perlu mengangkat orang lain, dan ada saatnya kita perlu diangkat. Yesus menyembuhkan seorang wanita yang telah terkapar karena sakit selama 18 tahun dan ‘tidak dapat berdiri lagi dengan tegak.’ (Lukas 13:11)

Terkadang Anda membutuhkan bantuan karena Anda tidak dapat membantu diri sendiri. Daud mengerti ini, dan dia berpaling kepada orang-orang Isakhar karena mereka ‘mempunyai pengertian tentang saat-saat yang baik, sehingga mereka mengetahui apa yang harus diperbuat.’ (1 Tawarikh 12:32) Tuhan telah menyediakan bantuan— raihlah!

SoulFood: Neh 1-4, Yoh 17:13-26, Maz 105:23-36, Ams 30:15-19
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728