Obat Tuhan Untuk Depresi (2)

Nov 7, 2023

‘TUHAN datang kepadanya, demikian: "Apakah kerjamu di sini, hai Elia?”’ 1 Raja-raja 19:9

Sampaikan kekesalanmu pada Tuhan. Setelah dipulihkan melalui makanan dan istirahat yang layak, Elia melakukan perjalanan selama 40 hari. Kemudian dia pergi ke sebuah gua dan bermalam. Di pagi hari, Tuhan bertanya kepadanya, ‘Mengapa kamu di sini?’ Elia menjawab: ‘Aku bekerja segiat-giatnya bagi TUHAN, Allah semesta alam, karena orang Israel meninggalkan perjanjian-Mu, meruntuhkan mezbah-mezbah-Mu dan membunuh nabi-nabi-Mu dengan pedang; hanya aku seorang dirilah yang masih hidup dan mereka ingin mencabut nyawaku."’ (1 Raja- raja 19:10)

Elia mencurahkan semua perasaannya, dan Tuhan mengizinkannya untuk melepaskan emosinya. Dia tidak terkejut dengan keluhan Elia. Terkadang, berbagi perasaan dengan teman terpercaya akan membantu. Ini adalah pelepasan, pembersihan, pelepasan semua hal yang telah didorong ke dalam diri Anda yang berkontribusi pada perasaan depresi Anda. Dan Elia memiliki banyak pergumulan batin. Perhatikan emosi yang dia alami.

Dia takut. Kemudian dia merasa dendam, diikuti dengan harga diri rendah dan rasa bersalah. ‘Cukuplah itu! Sekarang, ya TUHAN, ambillah nyawaku, sebab aku ini tidak lebih baik dari pada nenek moyangku.’ (1 Raja- raja 19:4) Dia marah karena dia telah bekerja keras tanpa hasil. Dia kesepian sampai putus asa: 'Sekarang mereka bahkan mencoba membunuhku!' Dia khawatir. Ketika ketakutan, kebencian, harga diri rendah, rasa bersalah, kemarahan, kesepian, dan kekhawatiran digabungkan, itu dapat membuka pintu menuju depresi! Jadi Tuhan membiarkan dia menumpahkan semuanya. Dia pada dasarnya berkata, 'Elia, apa yang membuatmu frustrasi? Apa yang merisaukanmu?’ dan Elia mencurahkan semuanya. Jadi ketika Anda mengalami depresi, yang perlu Anda lakukan adalah—bawalah kepada Tuhan dalam doa.

SoulFood: Ezra 9-10, Yoh 7:45-53, Maz 30, Ams 25:13-17
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
      1
23242526272829
30      
   1234
262728    
       
  12345
2728