Bangun Hidup Anda Di Atas Firman Tuhan

Aug 31, 2023

‘Semuanya ini tidak dipilih TUHAN.’1 Samuel 16:10 

Daud memiliki tujuh saudara laki-laki. Ketika tiba saatnya memilih seorang raja untuk menggantikan Saul, Samuel mengira salah satu dari mereka akan menjadi raja yang hebat. Tetapi Tuhan menolak mereka semua dan memilih Daud. Mengapa? Karena:

(1) Mereka memiliki penampilan tapi bukan inti rohani. Tuhan menjelaskan kepada Samuel, ‘manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.’ (1 Samuel 16:7) Inti rohani Daud dibentuk oleh tahun-tahun yang dihabiskannya bersama Tuhan. Tangisan hatinya adalah, ‘Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah.’ (Mazmur 42:1)

(2) Mereka tidak memiliki pengalaman pribadi dengan Tuhan untuk dijadikan sandaran. Singa dan beruang itu besar, dan Goliat lebih besar lagi. Tapi Daud tidak terintimidasi. ‘Pula kata Daud: "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu." Kata Saul kepada Daud: "Pergilah! TUHAN menyertai engkau.’ (1 Samuel 17:37) Tidak ada pertempuran yang tidak penting. Yang kecil memperlengkapi Anda untuk hal-hal besar yang membentuk masa depan Anda, jadi berdirilah di atas 'pengalaman Tuhan' Anda. Bagaimana Anda bereaksi dalam krisis ditentukan oleh pengalaman yang Anda miliki dengan Tuhan.

(3) Mereka mudah dipengaruhi oleh orang lain. Saudara-saudara Daud membiarkan ketakutan orang-orang di sekitar mereka mengikis iman mereka. Ketakutan menular; jika Anda mendengarkannya cukup lama, Anda akan terinfeksi. Tidak, Anda tidak boleh diasingkan dari dunia, tetapi Anda harus diasingkan dari pengaruh negatifnya. Mendengarkan Goliat membuat saudara-saudara Daud takut, tetapi itu tidak membuat Daud takut. Siapa yang Anda dengarkan hari ini? Dapatkan kehendak Tuhan dan bangun hidup Anda di atasnya; biarkan Firman-Nya menyelesaikan setiap masalah.

SoulFood: Rat 3:40 - 5:22, Markus 9:30-37, Maz 84, Ams 19:11
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728