Membentuk hubungan yang sehat

Jan 20, 2024

‘Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.’Mazmur 147:3 

Jika Anda sedang memulihkan diri dari hubungan yang buruk, merupakan kesalahan jika Anda terburu-buru ke hubungan yang lain. Orang yang tidak sehat membuat pilihan yang tidak sehat. Beberapa luka membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh daripada yang lain, tetapi Anda dapat mengandalkan janji ini: 'Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.' Yang Tuhan minta hanyalah agar Anda memberi-Nya kesempatan. Mulailah dengan meluangkan waktu untuk menyelidiki Firman-Nya untuk mengetahui bagaimana perasaan-Nya terhadap Anda. Pendapatnya Tuhan adalah satu-satunya fondasi yang dapat diandalkan untuk membangun harga diri Anda. Jika Tuhan yang sempurna mengetahui semua perjuangan dan kekurangan Anda dapat mencintai Anda, pesannya adalah—santailah!

Anda hanya bisa mencintai, atau dicintai lagi, dengan keutuhan yang sama seperti Anda mencintai diri sendiri. Lain kali pastikan pilihan Anda tidak didasarkan pada kebutuhan atau rasa takut sendirian. Dan hati-hati: ketika Anda tidak menghargai diri sendiri, Anda menarik orang yang juga tidak menghargai Anda; orang yang akan menggunakan Anda untuk tujuan mereka sendiri. Anda berhak mendapatkan yang lebih baik, jadi bertahanlah untuk itu.

Anda melatih orang lain bagaimana memperlakukan Anda dengan cara Anda memperlakukan diri sendiri. Dan saat Anda menjadi utuh secara rohani dan emosional, Anda akan mulai melihat betapa tidak sehatnya beberapa pilihan Anda sebelumnya. Jika beberapa orang pergi, biarlah. Terkadang Anda harus menyerah lebih sedikit untuk mendapatkan lebih banyak. Tuhan yang berkata, 'Tidak baik manusia sendirian' memiliki hubungan baru untuk Anda. Tetapi Dia menunggu sampai nilai dan persepsi diri Anda sejajar dengan Dia. Jadi, ambillah langkah demi langkah, satu hari pada satu waktu. Dan ingatlah untuk bersukacita—hari-hari terbaik Anda masih akan datang!

SoulFood: Dan 5-7, Mat 7:15-29, Maz 89:1-14, Ams 2:20
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2024

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
    123
2526272829  
       
   1234
262728    
       
  12345
2728