Mengelola Uang Anda dengan Bijak (1)

Dec 21, 2023

‘Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya.’Amsal 10:22 

Ada sekitar 500 ayat Alkitab tentang doa, dan lebih dari 2.000 tentang penanganan uang dan harta benda. Ini masalah yang sangat penting! Tidak mengherankan bahwa masalah yang berhubungan dengan uang sering menjadi alasan perceraian. Mengapa? Karena uang dan stres sering berjalan beriringan. Alkitab berkata, 'Berkat Tuhan membuat seseorang kaya.' Tuhan tidak hanya mengharapkan kita menghasilkan uang, Dia akan membantu kita menghasilkan lebih banyak ketika kita menghormati Dia. Tetapi ada cara yang benar dan cara yang salah saat melakukannya.

Alkitab mengajarkan bahwa uang harus datang dari kerja keras. ‘Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.’ (Amsal 10:4)

‘Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.’ (Amsal 13:11)

Tuhan mengharapkan orang yang 'bekerja' untuk memberikan hasil kerja yang terbaik, sama seperti Dia mengharapkan orang-orang dalam manajemen untuk membayar upah selayaknya. Baik tenaga kerja maupun manajemen sama-sama menghasilkan uang. Tenaga kerja membantu manajemen menghasilkan keuntungan, sementara manajemen membantu tenaga kerja menghasilkan gaji. Keuntungan yang diperoleh dengan baik dan gaji yang diperoleh dengan jujur keduanya menyenangkan Tuhan. Tapi uang Anda juga harus diperoleh dengan kerja jujur. ‘Orang yang menindas orang lemah untuk menguntungkan diri atau memberi hadiah kepada orang kaya, hanya merugikan diri saja.’ (Amsal 22:16)

Itu peringatan bagi mereka yang menipu orang dengan membebankan suku bunga yang berlebihan. Tuhan menentang segala bentuk penipuan atau manipulasi. ‘Dua macam batu timbangan, dua macam takaran, kedua-duanya adalah kekejian bagi TUHAN.’ (Amsal 20:10) Tuhan membuatnya jelas: pemenang tidak pernah curang, dan Dia juga akan memastikan penipu tidak pernah menang!

SoulFood: Mik 1-4, Yoh 19:1-16, Maz 12, Ams 31:1-5
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728