Peduli Berarti Terlibat

Dec 13, 2023

‘Kita adalah sesama anggota.’Efesus 4:25 

Banyak orang tidak memiliki orang yang cukup peduli untuk mengatakan yang sebenarnya. Itu karena lebih mudah untuk tidak mengatakan apa-apa ketika orang lain mengacau. Tapi itu bukan tindakan kasih!

Alkitab mengatakan, ‘Siapa memberi jawaban yang tepat mengecup bibir.’ (Amsal 24:26) Biasanya kita tahu apa yang perlu dikatakan, tetapi rasa takut menghalangi kita untuk mengatakannya. Namun, jika Anda tahu rem pada mobil tidak berfungsi dengan baik, apakah Anda akan mengizinkan orang yang Anda cintai untuk mengemudikannya? Tidak kan? Nah, itu sama halnya ketika Paulus menulis, ‘Saudara-saudara, kalaupun seorang kedapatan melakukan suatu pelanggaran, maka kamu yang rohani, harus memimpin orang itu ke jalan yang benar dalam roh lemah lembut, sambil menjaga dirimu sendiri, supaya kamu juga jangan kena pencobaan.’ (Galatia 6:1) Itulah yang dilakukan orang-orang ‘beriman’!

Seringkali, ketika muncul masalah yang dapat menyebabkan ketegangan, masalah itu diabaikan untuk menjaga perdamaian. Kita tidak ingin mengecewakan siapa pun, jadi masalah itu tidak pernah terselesaikan. Inilah cara Paulus membahas hal ini: ‘Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.’ (Efesus 4:25)

Sekarang mari kita perjelas di sini. Kejujuran tidak memberi Anda izin untuk bersikap kasar dan mengatakan apa pun yang Anda inginkan. Kata-kata yang tidak masuk akal dapat melukai orang. ‘Janganlah engkau keras terhadap orang yang tua, melainkan tegorlah dia sebagai bapa. Tegorlah orang-orang muda sebagai saudaramu, perempuan-perempuan tua sebagai ibu dan perempuan-perempuan muda sebagai adikmu dengan penuh kemurnian.’ (1 Timotius 5:1–2)

Intinya: ketika masalah sulit muncul, peduli berarti terlibat dengan cara yang jujur dan penuh kasih.

SoulFood: Yos 22-24, Yoh 16:12-18, Maz 105:1-7, Ams 30:1-4
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728