Mengatasi Krisis (1)

Dec 11, 2023

‘Ketika semangatku lemah lesu di dalam diriku, Engkaulah yang mengetahui jalanku.’Mazmur 142:3 

Bagaimana Anda menangani krisis dapat menentukan apakah Anda akhirnya merasa kewalahan atau menjadi lebih kuat. Dr Jeffrey Rossman menyarankan lima cara untuk melakukannya:

(1) Akui perasaan Anda. Kata Daud, ‘Ketika semangatku lemah lesu di dalam diriku, Engkaulah yang mengetahui jalanku..’ Tuhan sudah tahu bagaimana perasaan Anda, dan menahan emosi Anda hanya menguras energi, membuat tegang, tertekan, dan memperlambat proses penyembuhan.

(2) Percayakan pada seseorang. Itu tidak berarti mencurahkan isi hati Anda untuk semua orang dan siapa saja; itu berarti membuka diri bagi mereka yang mencintai dan peduli kepada Anda. Alkitab mengatakan, ‘Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.’ (Amsal 17:17) Banyak penelitian berbeda telah mengkonfirmasi kekuatan dukungan sosial untuk membantu kita melewati krisis dan tetap sehat.

(3) Mulai jurnal atau blog. Menulis tentang peristiwa traumatis adalah cara untuk mengungkapkannya. Ini meminimalkan kemungkinan Anda menjadi sakit atau depresi; semakin banyak Anda menulis, tanggapan negatif Anda terhadap memori buruk semakin banyak berkurang.

(4) Menolak memainkan permainan menyalahkan: '’Ini salah orang lain,’ atau ‘Aku tidak akan melakukannya... jika dia tidak...”,’ atau ‘Bos tidak pernah memberi saya kesempatan.” Pergeseran kesalahan sehingga orang lain bertanggung jawab atas rasa sakit Anda, dan lebih sering, itu menghasilkan dendam yang berkepanjangan yang menyengsarakan Anda. Berhentilah merasa seperti keset; Anda dapat memaafkan sambil mengambil langkah-langkah untuk membuat diri Anda tidak rentan lainkali.

(5) Maafkan diri Anda sendiri. Anda seperti manusia lainnya! Akui Anda melakukan kesalahan, mintalah pengampunan kepada Tuhan, lalu maafkan diri Anda dan lanjutkan. Firman Tuhan berkata: ‘Aku tidak mengingat-ingat dosamu.’ (Yesaya 43:25) ketika Dia mengampuni, Anda seharusnya juga.

SoulFood: Yos 16:1 - 19:23, Yoh 15:18-27, Maz 148:7-14, Ams 29:16-21
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
      1
23242526272829
30      
   1234
262728    
       
  12345
2728