Bagaimana keadaan di rumah?

Dec 3, 2023

‘Aku hendak hidup dalam ketulusan hatiku di dalam rumahku.’Mazmur 101:2 

Setelah perselingkuhan Raja Daud dengan Batsyeba, nabi Natan memberitahunya, ‘pedang tidak akan menyingkir dari keturunanmu sampai selamanya.’ (2 Samuel 12:10) Dan itu terjadi. Putranya, Amnon, memperkosa Tamar, saudara tirinya, dan karena Daud telah kehilangan otoritas moralnya di rumah, dia tidak melakukan apa-apa. Ketika putranya yang lain, Adonia, mencoba naik takhta, ayahnya ‘belum pernah menegor dia dengan ucapan: "Mengapa engkau berbuat begitu?”’ (1 Raja- raja 1:6) Jika ada saatnya Daud perlu menjadi suami dan ayah, inilah saatnya.

Sebagai seorang pemimpin ia menyatukan Israel, memenangkan perang, dan membawa Tabut Perjanjian kembali ke Yerusalem. Tapi dengan keluarganya sendiri, dia gagal. Tidak heran dia ‘mendaki bukit Zaitun sambil menangis.’ (2 Samuel 15:30) Ketika dia mendengar tentang kematian Absalom yang terlalu dini, dia menangis, ‘kalau aku mati menggantikan engkau!’ (2 Samuel 18:33). Dan ketika dia menghadapi kematian sendiri, alih-alih mengirim istri dan anak-anaknya, pelayannya menyewa seorang ‘Gadis itu amat cantik, dan ia menjadi perawat raja.’ (1 Raja- raja 1:4)

Pria yang membuat orang asing dari keluarganya sendiri meninggal dalam pelukan orang asing. Sudah terlambat untuk mengubah kisah Daud—tetapi bukan kisah Anda! Jika Anda berhasil dalam karir Anda dan gagal di rumah, prestasi Anda akan hampa. Terlepas dari hubungan Anda dengan Tuhan, prioritas pertama Anda seharusnya adalah mencintai pasangan Anda dan mendedikasikan diri Anda untuk anak-anak yang Anda asuh. Daud menulis, ‘Aku hendak hidup dalam ketulusan hatiku di dalam rumahku.’ Sayangnya, dia tidak memenuhi kata-kata ini. Tapi dengan kasih karunia Tuhan, cerita Anda bisa berbeda!

SoulFood: Kej 40:1 - 41:43, Fil 2:5-13
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728