Biarkan Kritik Mereka Menguatkan Anda

Dec 2, 2023

‘Maka kaudengarlah apa yang mereka katakan; kemudian engkau akan mendapat keberanian.’ Hakim-hakim 7:11

Apakah Anda dikritik? Apakah itu menggoyahkan kepercayaan diri Anda? Tuhan memberi tahu Gideon, ‘Tetapi jika engkau takut untuk turun menyerbu… maka kau dengarlah apa yang mereka katakan; kemudian engkau akan mendapat keberanian menyerbu perkemahan itu.’ (Hakim- hakim 7:10–11) Mengapa Tuhan mengirim Gideon dan hambanya ke kamp musuh? Untuk mendengar apa yang mereka katakan, dan untuk mendorongnya. Ketika mereka tiba, seorang tentara memberi tahu seorang teman tentang mimpinya: ‘Aku bermimpi: tampak sekeping roti jelai terguling masuk ke perkemahan orang Midian; setelah sampai ke kemah ini, dilanggarnyalah kemah ini, …, demikianlah kemah ini habis runtuh.” Lalu temannya menjawab: “Ini tidak lain dari pedang Gideon …; Allah telah menyerahkan …seluruh perkemahan ini ke dalam tangannya.” Sesudah Gideon mendengar mimpi itu …sujudlah ia menyembah. Kemudian pulanglah ia ke perkemahan orang Israel, lalu berkata: “Bangunlah, sebab TUHAN telah menyerahkan perkemahan orang Midian ke dalam tanganmu.’ (Hakim- hakim 7:13–15)

Saat Anda butuh dorongan, perhatikan apa yang dikatakan kritik Anda. Tidak ada yang terancam oleh singa mati!

Anda membuat perbedaan—jika tidak, mereka bahkan tidak akan memperhatikan Anda. Dilihat melalui kerangka ini, kritik sebenarnya bisa menguatkan iman Anda. Untuk setiap pertempuran, Tuhan memiliki strategi. Jadi jangan hanya berdoa untuk kemenangan; mintalah Tuhan untuk menunjukkan kepada Anda strategi kemenangan. Visi yang diberikan Tuhan akan selalu lebih besar daripada orang yang dipanggil untuk mewujudkannya. Alkitab mengatakan, ‘Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya.’ (Mazmur 127:1) Tuhan tahu beban yang dapat Anda tangani, bahan yang dibutuhkan, dan sesuai bagi hidup Anda. Jadi jika Tuhan berbicara kepada Anda dan takut untuk bertindak, ingatlah ayat ini: ‘Tetapi Akulah yang menyertai engkau, sebab itu engkau akan memukul kalah orang Midian itu sampai habis.’ (Hakim- hakim 6:16)

SoulFood: 2 Taw 35-36, 2 Yoh, Yoh 13:1-17, Maz 14, Ams 28:13-16
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728