Kompromi Yang Sehat

Oct 30, 2023

‘Harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.’1 Petrus 3:11 

Bacalah ayat-ayat ini:

‘Berusahalah hidup damai dengan semua orang.’ (Ibrani 12:14)

‘Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, peramah, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik. Dan buah yang terdiri dari kebenaran ditaburkan dalam damai untuk mereka yang mengadakan damai.’ (Yakobus 3:17 –18)

‘Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.’ (1 Petrus 3:10 –11)

Kompromi yang sehat tidak berarti melepaskan apa yang benar-benar Anda yakini atau siapa diri Anda sebenarnya. Itu tidak berarti mengambil jalan pintas dan melakukan yang terbaik ke-2 atau ke-3 karena Anda tidak sabar atau takut. Tidak, kompromi yang sehat adalah tentang menemukan cara menegosiasikan posisi saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Ini panggilan untuk mencoba melihat sesuatu melalui mata orang lain yang terlibat dalam masalah. Kompromi yang sehat adalah ciri dari hubungan yang sehat. Sangat menggoda untuk menuding seseorang 'salah' atau 'egois' dan menolak untuk melihat perspektif lain, kecuali Anda sendiri. Tetapi inilah saat yang penting untuk meninggalkan harga diri Anda, melangkah keluar dari peran yang Anda mainkan, dan mencoba memahami pemikiran orang lain.

Pisau yang berat diperlukan saat Anda ingin memotong daging untuk makanan, tetapi alat bedah yang tepat diperlukan saat Anda perlu membuat luka yang akan sembuh. Pernahkah Anda membutuhkan kesabaran, cinta, dan pengertian? Ya? Lalu bersedia untuk memberikan rahmat yang sama kepada orang lain. Terkadang yang diperlukan hanyalah sedikit memberi dan menerima untuk membuat hubungan itu berhasil. Lalu segala sesuatunya menjadi lebih baik bagi semua orang yang terlibat.

SoulFood: 1 Tim 4-6, Yoh 6:60-71, Maz 104:1-23, Ams 24:26-27
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728