Ketika Anda Kecewa

Sep 14, 2023

‘Jiwaku tertekan dalam diriku, sebab itu aku teringat kepada-Mu.’Mazmur 42:6 

Max Lucado berkata: 'Ketika Tuhan tidak melakukan apa yang kita inginkan, itu tidak mudah; tidak pernah, dan tidak akan pernah mudah. Iman adalah keyakinan bahwa Tuhan tahu lebih dari kita… dan Dia akan membantu kita melewatinya. Kekecewaan disebabkan oleh harapan yang tidak terpenuhi ... dan itu disembuhkan dengan harapan [baru] yang diubah ... Jangan panik ... jangan menyerah ... bersabar ... Tuhan yang mengendalikan. Ini belum berakhir sampai semuanya berakhir.'

Jadi, ketika Anda kecewa:

(1) Lihat ke dalam. Daud bertanya, ‘Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku?’ (Mazmur 42:5) Akui apa yang Anda rasakan. Anda tidak dapat menangani apa yang tidak Anda akui. Mintalah Tuhan untuk menunjukkan akar masalahnya. Apakah itu Kemarahan yang terpendam? Iri? Pengampunan? Kebanggaan? Nafsu? Kelelahan fisik dan mental? Terbukalah terhadap apa yang Dia ungkapkan.

(2) Lihat ke atas. Daud mengatakan, ‘Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!.’ (Mazmur 42:5) Alih-alih berfokus pada keputusasaan Anda, fokuslah pada Dia yang tahu jalan keluarnya.

(3) Ingatlah kesetiaan Tuhan di masa lalu. Daud mengatakan, ‘Jiwaku tertekan dalam diriku, sebab itu aku teringat kepada-Mu.’ Melalui setiap pencobaan Yusuf berpegang teguh pada keyakinan bahwa Tuhan masih mengendalikan takdirnya [masa depan]. Mengingat kesetiaan Tuhan membangun keyakinan Anda bahwa Dia akan terus menyediakan.

(4) Ingatlah, Anda tidak harus mengerti. Hanya karena Anda tidak dapat memahami apa yang Tuhan lakukan saat ini, bukan berarti itu tidak masuk akal di kemudian hari. Dia ‘Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia.’ (Roma 8:28)

(5) Jangan menyerah pada kepahitan. Ketika harapan Anda hilang dan hancur, kebencian dapat muncul. ‘ Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?’ (Roma 8:31) Terlepas dari seberapa dalam lubang itu kelihatannya, Tuhan ada di pihak Anda!

SoulFood: Yeh 31-33, Markus 13:1-11, Maz 78:40-55, Ams 20:22-24
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728