Sebuah Pekerjaan Batiniah (3)

Jul 30, 2023

‘Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.’Yohanes 14:16 

Dalam kisah Perjanjian Baru, Yesus memberitahu murid-murid-Nya, ‘Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.’ Bahasa Yunani untuk kata 'Penghibur' adalah parakletos, yang berarti 'orang yang berjalan bersama' untuk menguatkan, mendorong, dan menasihati Anda. Seberapa baik hal itu? Ketika Anda merasa putus asa, bingung, dan tidak berdaya, Anda punya akses ke Penolong yang bijaksana, penuh kasih, kompeten yang akan muncul untuk mendukung Anda dan menyediakan apa yang Anda butuhkan. Jadi, alih-alih berjuang untuk melakukannya sendiri, belajarlah untuk bersandar pada-Nya, memanfaatkan kuasa-Nya, dan percaya kepada-Nya untuk melakukan pekerjaan-Nya yang luar biasa di dalam Anda.

Paulus juga memberitahu kita, ‘Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging—karena keduanya bertentangan—sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.’ (Galatia 5:17) Pertempuran Roh melawan daging tidak pernah berhenti. Dan sifat kedagingan kita tidak akan pernah bisa ditundukkan [diatasi] oleh pemikiran manusia; yang hanya menghasilkan kekalahan dan keputusasaan.

Apa jawabannya? Roh Kudus ‘akan memberi tahu Anda ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan.' Dan inilah manfaat luar biasa lainnya yang akan diberikan oleh Roh Kudus yang tinggal di dalam diri Anda: ‘Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.’ (Roma 8:14) Berdoa dan menebak yang terbaik bukanlah cara Tuhan. Bimbingan Roh Kudus—bukan dugaan kita—seharusnya mengarahkan cara hidup kita.

Jadi, kata untuk hari ini adalah—ingat 'ini adalah sebuah pekerjaan dari dalam’.

SoulFood: 1 Sam 5:1 - 6:16, Wah 11:15-19
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728