Setiap Orang Butuh Seseorang

Jul 18, 2023

‘Berdua lebih baik dari pada seorang diri.’Pengkhotbah 4:9 

Dalam permainan apa pun, ketika seorang pemain mencetak poin atau mencetak gol, itu bukan upaya tunggal. Salah satu rekan tim berhasil merebut bola dan yang lain mengoper bola kepadanya. Jadi tim dengan tepat merayakan bersama perolehan gol/poin.

Selama 27 tahun melatih tim bola basket AS yang sepuluh kali menjadi juara, Pelatih John Wooden mengingatkan para pemainnya, 'Dibutuhkan sepuluh tangan untuk mencetak gol.'

Pesannya sejalan dengan nasihat Salomo: ‘Berdua lebih baik dari pada seorang diri!’ Tidak ada yang menyadari potensi terbaiknya sendiri. FirmanTuhan dan kehidupan itu sendiri mengajarkan kita bahwa hidup dirancang untuk menjadi sebuah tim olahraga. Pada awalnya, Tuhan menetapkan prinsip ini: ‘Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.’ (Kejadian 2:18)

Tidak pernah ada maksud Tuhan bagi kita untuk bekerja sendiri. Kesepian adalah pembunuh. Persahabatan adalah salah satu kebahagiaan besar dalam hidup. Dalam Pengkhotbah 4:1–12, Salomo berbicara tentang nilai hubungan manusia di dunia yang menantang dan sulit. Dan guru Philip De Courcy memberitahu kita bahwa hikmat Alkitab mencakup 'teologi kita' dan 'menolak teologi saya' (Filipi 2:4). Untuk menang dalam hidup, kita perlu berkomitmen untuk:

(a) melawan semangat 'berusaha sendiri' yang sering menjadi ciri budaya kita;

(b) memupuk hubungan yang bermakna dan belajar menghargai teman-teman kita; (c)

tetap berhubungan erat dengan anggota-anggota tubuh Kristus;

(d) menjangkau yang mereka kesepian dan yang jatuh; dan

(e) berusaha keras untuk menunjukkan sifat persahabatan sejati (Amsal 17:17; Ibrani 10:24–25; Lukas 10:25–37; Yohanes 15:13).

Jangan meretas jalan Anda melalui hutan kehidupan sendirian. Hidup bersama adalah hidup yang dijalani sepenuhnya !

SoulFood: Kis 3:11 - 5:42, Mat 26:47-56, Maz 123, Ams 16:1
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728