Merespon Seperti Yesus

Jul 15, 2023

‘Ia tidak membalas.’1 Petrus 2:23 

Ketika seseorang mengecewakan atau membuat Anda kesal, apa yang Anda lakukan? Mengambil senjata utama Anda dan bereaksi? Apakah Anda mengatakan, 'Anda membuat saya sangat marah!'? Ketika Anda mengatakan hal itu, Anda mengakui bahwa orang lain mengendalikan emosi Anda. Anda mengakui bahwa Anda telah memberi orang tersebut kekuatan untuk menentukan perasaan dan reaksi Anda. Tak seorangpun yang bisa mengambil kendali dari Anda—Andalah yang memberikannya begitu Anda mulai bereaksi!

Alkitab berkata, ‘Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!’ (Roma 12:21) Membalas adalah bereaksi. Tetapi memaafkan adalah bertindak. Katanya, 'Saya memilih cara saya merespons.' Apakah orang lain mengendalikan keadaan emosional Anda? Apakah Anda mengandalkan mereka untuk dapat bahagia atau membiarkan mereka menjerumuskan Anda kedalam kekhawatiran, ketakutan, atau kemarahan?

‘Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.’ (Amsal 16:32) Orang yang bisa mengendalikan suasana hati dan reaksinya lebih kuat dari kota bertembok. Tetapi seseorang yang tidak dapat mengendalikan jiwanya sendiri tidak berdaya, seperti kota tanpa tembok di sekelilingnya, orang tersebut berada di bawah kekuasaan apa saja yang ingin dilakukan orang lain terhadap mereka.

Kekuatan ditemukan dalam kelemahlembutan, dan kelemahlembutan memiliki kemampuan untuk menangani luka tanpa membalas; kelemahlembutan dapat menahan pukulan tanpa perlu menyerang balik. Yesus menyebutnya ‘berilah juga kepadanya pipi kirimu’ (Matius 5:39).

Anda berkata, 'Itu tidak mudah dilakukan.' Tidak; terkadang hampir tidak mungkin.

Anda berkata, 'Menanggapi dengan cara seperti itu tidak biasa.' Anda benar, hal itu memang adikodrati; itulah buah Roh (Galatia 5:22-23).

Anda membutuhkan kuasa Tuhan untuk hidup seperti ini.

SoulFood: Yoel 1-3, Mat 26:26-35, Maz 118:10-18, Ams 15:31-32
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728