Hari Ini, Bereskanlah Kekacauan

Jun 18, 2023

‘Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala.’Yesaya 43:18 

Kita semua memiliki lemari emosional, tempat kita menyimpan 'kekacauan' kita. Itu pun ada dalam hubungan kita. Sulit bagi suatu hubungan dapat berhasil, ketika salah satu pihak belum membereskan kekacauan mental dan emosional mereka. Kita berbicara tentang:

(1) penyesalan yang kita miliki atas kesalahan masa lalu;

(2) dendam yang kita simpan ketika kita merasa telah dianiaya;

(3) rasa sakit yang kita sembunyikan di bawah awan kemarahan, keraguan, dan pengasingan.

Jika Anda adalah tipe orang yang menyimpan dendam dan bertahan pada kesalahan masa lalu, bahkan kesalahan Anda sendiri, Anda tahu perasaan terbebani oleh kekacauan mental dan emosional. Mempertahankan rasa sakit dan dendam yang dipelihara, akan memakan jiwa Anda, menghabiskan kebahagiaan Anda, dan merampas semua kemajuan Anda. Seperti menyalahkan, ‘sampah’ tersebut membuat Anda terjebak di masa lalu.

Jika mantan pacar atau pacar menyakiti Anda dan Anda tidak pernah melupakannya, setiap kali istri atau suami Anda melakukan hal seperti itu, Anda akan bereaksi salah, seolah-olah mereka adalah mantan pacar atau pacar Anda dulu. Akibatnya, pasangan Anda menjadi kesal dan bingung dengan reaksi Anda yang berlebihan terhadap masalah sepele.

Anda tidak akan tahu apa yang Anda miliki dalam hidup Anda, apalagi apa yang Anda butuhkan, sampai Anda membersihkan kekacauan masa lalu, sehingga Anda dapat mengalami berkat 'di sini dan sekarang'. Semuanya mengacu pada kedua Firman Tuhan berikut:

(1) ‘Ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami’ (Matius 6:12), dan

(2) ‘Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru.’ (Yesaya 43:18–19)

Hari ini, bereskanlah kekacauan.

SoulFood: Filipi 4:4-13, Kejadian 11:1-9
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728