Anda Harus Memberitahu Anak Anda

Jun 11, 2023

‘Menceriterakannya kepada angkatan yang kemudian.’Mazmur 48:13 

Berikut adalah ayat yang menyedihkan: ‘Bangkitlah sesudah mereka itu angkatan yang lain, yang tidak mengenal TUHAN.’ (Hakim- hakim 2:10) Bagaimana hal itu terjadi? Orang tua mereka gagal memberi tahu mereka. Bacalah ketiga ayat Kitab Suci ini dengan seksama dan penuh penghayatan:

(1) ‘Kamu dapat menceriterakannya kepada angkatan yang kemudian: Sesungguhnya inilah Allah, Allah kitalah Dia seterusnya dan untuk selamanya! Dialah yang memimpin kita!’ (Mazmur 48:13–14)

(2) ‘Kami tidak hendak sembunyikan kepada anak-anak mereka, tetapi kami akan ceritakan kepada angkatan yang kemudian puji-pujian kepada TUHAN.’ (Mazmur 78:4)

(3) ‘Angkatan demi angkatan akan memegahkan pekerjaan-pekerjaan-Mu dan akan memberitakan keperkasaan-Mu.’ (Mazmur 145:4)

Anda berkata, 'Kami membutuhkan pemerintahan yang lebih baik.' Mungkin, tetapi pemerintah tidak membesarkan anak, orang tualah yang melakukannya. Anda berkata, 'Kami membutuhkan sistem sekolah yang lebih baik.' Mungkin, tetapi sekolah tidak membesarkan anak-anak, orang tualah yang melakukannya. Sebagai orang tua, Anda dipanggil untuk mengatur rumah tangga Anda sendiri. Sebagai orang tua, Anda dipanggil untuk mendidik anak-anak Anda di jalan Tuhan. Anak-anak Anda adalah tanggung jawab Anda! Jadi berikan anak-anak Anda akar rohani yang dalam, mulai sedini mungkin.

Apakah mereka akan memberontak? Mungkin; Anak yang Hilang berasal dari keluarga yang baik dan dia memberontak. Tapi dia 'kembali', karena dia punya kenangan dan nilai untuk dikembalikan. Mendekati akhir hidupnya, Joshua memanggil para pemimpin bangsa bersama dan berkata, ‘Kamu ini telah melihat segala yang dilakukan TUHAN, Allahmu.’ (Yosua 23:3) Kemudian dia memerintahkan mereka untuk memberi tahu anak-anak mereka. Apakah mereka melakukannya? Tidak. Dan apa hasil akhirnya? Putra dan putri mereka akhirnya mengadopsi gaya hidup berdosa. Jangan biarkan itu terjadi pada anak-anak Anda.

SoulFood: Keluaran 16:1-35, Yohanes 6:30-40
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728