Kunci Doa Yang Dikabulkan (3)

Jun 7, 2023

‘Atau kamu berdoa… tetapi … tidak menerima apa-apa, … sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.’Yakobus 4:3 

Motif yang benar. Alasan Anda berdoa jauh lebih penting daripada kata-kata yang Anda ucapkan. Motifnya adalah mengapa di balik apa. Dan memiliki hati yang murni yang mengasihi Tuhan dan mengasihi manusia selalu dapat diterima oleh Tuhan. Di sisi lain, keegoisan tidak dapat diterima, balas dendam tidak dapat diterima, manipulasi dan menguasai tidak dapat diterima, kecemburuan tidak dapat diterima, kesombongan tidak dapat diterima, dan berdoa untuk memenangkan lotre tidak dapat diterima. Faktanya, apa pun yang didasarkan pada egoisme adalah motif yang tidak dapat diterima.

Seseorang pernah bertanya kepada seorang anak kecil apakah dia mengucapkan doanya setiap malam. Dia memikirkannya sejenak dan menjawab, 'Tidak, beberapa malam saya tidak butuh apa-apa.' Apakah terdengar wajar?

Alasan pertama dan terpenting untuk berdoa adalah untuk mengembangkan hubungan yang intim dengan Tuhan. Pikirkan tentang ini: menurut Anda berapa lama pernikahan Anda akan bertahan jika Anda hanya pulang ke rumah untuk bertemu pasangan Anda ketika Anda membutuhkan cucian bersih, makanan yang enak, dan sedikit cinta? Tidak terlalu lama, kan? Prinsip yang sama berlaku untuk doa. Yesus berkata, ‘Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.’ (Yohanes 15:7) Ketika Anda berfokus pada 'tinggal' di dalam Kristus, Anda akan mendapatkan jawaban atas 'permintaan' Anda.

Yakobus menulis, ‘Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.’ Yang benar adalah, kita secara bawaan adalah egois. Itulah mengapa kita perlu memurnikan hati kita secara teratur—dan perlu memeriksa maksud kita. Mungkin menyakitkan pada awalnya, tetapi Anda harus melakukannya jika Anda ingin melihat doa Anda dijawab.

SoulFood: Wahyu 1-4, Matius 15:15-28, Mazmur 129, Amsal 12:27-28
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728