Kemarahan Anda Merusak

Feb 29, 2024

‘Janganlah lekas-lekas marah dalam hati.’Pengkhotbah 7:9 

Ledakan amarah merusak dalam semua hubungan, terutama di rumah Anda. Anak-anak adalah yang paling rentan terhadap kemarahan orang tua mereka, dan mereka mencerminkan perilaku mereka.

Kita membentuk takdir anak-anak kita dengan apa yang kita katakan, apa yang kita lakukan, dan sikap yang kita tunjukkan. Jika ada banyak pertengkaran hebat di dalam dinding rumah Anda, itu adalah rumah yang akan dialami oleh cucu Anda juga. Apakah tindakan Anda melatih anak-anak Anda untuk menjadi histeris dan kasar? Apakah Anda bereaksi berlebihan, mengamuk, dan menyerang pasangan Anda dengan perkataan kasar?

Saat Anda mengamuk, Anda bertindak egois untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, dan memiliki. Tolong — demi keluarga Anda — mulailah bertingkah sebagai orang dewasa; dengan menunjukkan pengendalian diri. ‘ tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah’ (Ibrani 6:12). Perhatikan, Anda harus memiliki iman dan kesabaran. Anda mungkin tidak bisa mengendalikan apa yang terjadi dalam hidup, tapi Anda pasti bisa mengendalikan diri Anda. Apakah itu kemarahan seorang ayah yang dibawa pulang dari tempat kerja, atau kemarahan seorang istri terhadap suaminya, itu bisa membawa kutukan.

Simeon dan Lewi memendam amarah di hati mereka dan menjadi pembunuh yang kejam dan pendendam. Karena itu, kutukan menimpa mereka, dan kemarahan diturunkan dari generasi ke generasi (Kejadian 49). Anda harus mematahkan kutukan dengan menahan godaan untuk membiarkan kemarahan mendikte perilaku Anda. Dalam kata-kata Yakobus: ‘Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah.’ (Yakobus 1:19-20).

SoulFood: 1 Raj 15, Mat 18:15-35, Maz 96, Ams 6:12-15
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2024

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728