Waspadalah terhadap sikap eksklusif (3)

Jan 16, 2024

‘Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.’1 Petrus 5:6 

Pernahkah Anda memandang rendah seseorang karena mereka tidak memiliki kelebihan yang Anda nikmati dalam hidup? Apakah Anda merasa lebih unggul dari orang lain dalam segala aspek kehidupan Anda? Apakah Anda percaya bahwa menjadi bagian dari golongan tertentu menempatkan Anda dalam kelas khusus? Mungkin fisik Anda yang kencang membuat Anda merasa lebih unggul dari orang banyak yang kelebihan berat badan. Dan bagaimana jika Anda terkenal di komunitas Anda? Menurut Anda, apakah Anda harus selalu diantar ke kursi barisan depan pada pertemuan umum? Jika demikian, inilah saatnya untuk menundukkan sikap Anda kepada Roh Kudus.

Tetapi ketika berbicara tentang eksklusifme, ada sisi lain dari koin. Sangat mungkin melabeli seseorang atau kelompok sebagai eksklusif hanya karena mereka menikmati keuntungan tertentu yang menurut Anda mengintimidasi dan asing karena keraguan diri Anda sendiri, atau mencoba meningkatkan citra Anda di mata orang lain. Politisi melakukan ini. Seorang kandidat dapat menuduh lawannya eksklusifme hanya karena akses ke kekayaan keluarga, atau ijazah dari universitas terkemuka, atau profil tinggi, atau teman yang berpengaruh. Akibatnya, lawan tersebut menuduh pihak lain yang menjangkau pekerja kasar tidak tulus dan berpura-pura merakyat.

Pada analisis terakhir, bukan apa yang Anda lakukan tetapi apa yang Anda percaya yang menentukan apakah Anda memiliki sikap eksklusif. Sebenarnya, mudah untuk menemukan kebanggaan pada orang lain dan sulit untuk melihatnya pada diri sendiri. Itu sebabnya Petrus menulis, ‘Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

SoulFood: Im 26-27, Mat 6:1-8, Maz 74:12-23, Ams 2:7-8
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2024

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
14151617181920
21222324252627
28293031   
       
   1234
262728    
       
  12345
2728