Hati Anda Harus Disunat

Dec 29, 2023

‘TUHAN, Allahmu, akan menyunat hatimu dan hati keturunanmu, sehingga engkau mengasihi TUHAN.’Ulangan 30:6 

Bayi laki-laki Yahudi menjalani ritual [acara seremonial] sunat. Itu menandakan bahwa mereka berada dalam hubungan perjanjian dengan Allah di mana Dia berjanji untuk melindungi, membimbing, dan memberkati mereka. Dalam Perjanjian Baru, Paulus 'menjiwai' ritus ini. ‘sunat ialah sunat di dalam hati.’ (Roma 2:29) Dipahami secara rohani, sunat berarti 'memotong' segala sesuatu yang mendorong dan menghasilkan dalam diri kita dorongan dan tindakan yang salah.

Yesus berkata, ‘Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah.’ (Matius 5:8) Ketika hati Anda murni, Anda dapat melihat Tuhan di mana orang lain tidak bisa dan mendengar Dia ketika orang lain tidak. Kata murni bisa diterjemahkan 'tanpa kontaminasi'. Inilah perbedaan antara sungai yang bersih dan sungai yang berlumpur dan tercemar. Itu berarti Anda meninggalkan pemikiran yang berpusat pada diri sendiri dan menyalibkan sifat duniawi Anda. Perbedaan antara mengampuni dan membersihkan adalah seperti perbedaan antara memotong rumput liar di tanah dan mencabutnya sampai ke akarnya.

Pengampunan berkaitan dengan 'hasil' dosa—itu mudah dikenali. Tetapi pembersihan berhubungan dengan 'penyebab' dosa—itu tidak mudah untuk diidentifikasi karena berhubungan dengan sifat alami dan kekurangan karakter Anda. Pengampunan datang dengan pengakuan, tetapi pembersihan datang dengan berjalan dalam terang: ‘Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.’ (1 Yohanes 1:7) Apakah Anda terus meminta Tuhan untuk mengampuni dosa yang sama berulang-ulang? Itu karena Anda perlu mengalami pembersihan sejati. Hatimu perlu disunat, dan itu adalah pekerjaan Roh Kudus.

SoulFood: Mal 1-2, Yoh 21:1-14, Maz 139:1-12, Ams 31:25-27
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
21222324252627
28293031   
       
   1234
262728    
       
  12345
2728