Tanggung Jawab Kepemimpinan (1)

Apr 13, 2023

‘Iblis bangkit melawan orang Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel.’1 Tawarikh 21:1 

Baru dari kemenangan besar atas orang Filistin, Raja Daud melakukan kesalahan besar. Alih-alih mempercayai Tuhan untuk pertempuran berikutnya, ia melakukan sensus yang dirancang untuk mengukur kekuatan militernya dan peluangnya untuk menang. Akibatnya, 70.000 orang Israel tewas. Tiga pelajaran yang sangat penting tentang tanggung jawab kepemimpinan:

(1) Sebagai seorang pemimpin, Anda adalah target khusus Setan. Dia tahu bagaimana dia akan menggunakan setiap strategi yang dia miliki untuk menjatuhkan Anda. ‘Setan bangkit melawan Israel dan menghasut Daud untuk melakukan sensus.’ Mungkin dewan direksi perusahan akan menganggapnya sebagai ide bagus, tetapi Tuhan melihatnya sebagai tindakan arogansi dan ketidakpercayaan. (2) Jangan sombong. Jangan biarkan kemenangan sebelumnya membuatmu terlalu percaya diri dengan selanjutnya. Setiap kesempatan Anda membutuhkan Tuhan! Seharusnya membuat Daud semakin bergantung pada Tuhan. Paulus menulis, ‘Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah. Ialah membuat kami juga sanggup menjadi pelayan-pelayan dari suatu perjanjian baru, yang tidak terdiri dari hukum yang tertulis, tetapi dari Roh, sebab hukum yang tertulis mematikan, tetapi Roh menghidupkan.’ (2 Korintus 3:5–6) (3) Dengarkan nasihat bijak. Yoab, salah satu jenderal Daud, memperingatkan dia bahwa dia membuat kesalahan besar. ‘Titah raja itu terpaksa diikuti oleh Yoab.’ (1 Tawarikh 21:4) Anda mungkin memiliki karunia yang luar biasa, tetapi Anda tidak memiliki semua karunia itu. Di mana Anda tidak punya, seringkali orang lain memiliki penglihatan jelas dan sempurna. ‘Jikalau penasihat banyak, keselamatan ada’ (Amsal 11:14), jadi dengarkan orang-orang yang Tuhan tempatkan dalam hidup Anda untuk membimbing dan melindungi Anda.
SoulFood: Imamat 21:1 - 23:25, Lukas 24:36-44, Mazmur 25:8-15, Amsal 10:2
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
      1
23242526272829
30      
   1234
262728    
       
  12345
2728