Bersikaplah Lembut (3)

Jan 17, 2023

‘Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.’Amsal 15:1 

Ketika seseorang tidak setuju dengan Anda, Bersikaplah lembut tanpa menyerah. Anda akan selalu bertemu dengan orang-orang yang suka berdebat dan bertengkar. Beberapa orang akan menentang semua yang Anda katakan. Bagaimana Anda harus menanggapi mereka? Salah satu ujian kedewasaan rohani adalah bagaimana Anda memperlakukan mereka yang tidak setuju dengan Anda. Beberapa orang berupaya untuk menghancurkan siapa pun yang tidak setuju dengan mereka. Jika Anda menantang mereka atau menawarkan sebuah perbandingan, orang-orang tersebut akan menanggapi sebagai sebuah serangan pribadi. Anda memiliki tiga alternatif:

(1) mundur dalam ketakutan. Banyak orang memilih rute ini karena mereka belum mengembangkan kemampuan untuk merespons dengan lembut. Jadi, jika Anda adalah orang yang 'suka damai apapun harganya', akan ada harga tersembunyi dalam hubungan yang paling penting di hidup Anda.

(2) bereaksi dalam kemarahan. Kemarahan sering kali merupakan pertanda bahwa Anda merasa tidak aman dan terancam oleh ketidak setujuan seseorang. Inilah lampu peringatan yang memberitahu Anda bahwa Anda akan kehilangan sesuatu, seringkali itu adalah harga diri Anda. Saat kita marah, seringkali kita menjadi sinis dan menyerang harga diri orang lain.

(3) menanggapi dengan lembut. 'Jawaban yang lembut menenangkan kemarahan, tetapi jawaban yang kasar membangkitkannya.' Inilah jenis respons yang membutuhkan keseimbangan yang baik antara mempertahankan hak Anda untuk berpendapat, sambil tetap menghormati hak orang lain atas pendapat mereka. Hal ini membutuhkan kelembutan tanpa melepaskan pendirian Anda. Terkadang Anda harus mempertahankan pendirian Anda. Tetapi Anda perlu menjawab pertanyaan ini: 'Apakah hubungan kita lebih penting dari pada pendapat yang saya coba buktikan?'

SoulFood: Yesaya 49-52, Lukas 3:11-20, Mazmur 81, Amsal 2:11-15
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
   1234
262728    
       
  12345
2728