Bagaimana Mengampuni Diri Anda Sendiri

Dec 27, 2023

‘Aku tidak mengingat-ingat dosamu.’Yesaya 43:25 

Tuhan mengatakan bahwa ‘Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu. Ingatkanlah Aku, marilah kita berperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!’ (Yesaya 43:25–26) Hari ini jika Anda menyalahkan diri sendiri karena berpikir dosa Anda terlalu besar untuk mendapatkan kasih karunia Tuhan, baca kembali Firman Tuhan itu dengan seksama.

Mengapa Tuhan berkata Dia akan mengampuni dosamu? 'Demi Aku sendiri.' Jadi apa yang harus kamu lakukan? 'Nyatakan kasusmu, agar kau dibebaskan.' Mengapa kita sulit menerima pengampunan Tuhan?

(1) Karena dalam beberapa kasus kita merasa seperti menuai apa yang telah kita tabur.

(2) Karena kita telah mengutuk orang lain yang melakukan hal yang kita sendiri lakukan.

(3) Karena kita berpikir Tuhan suka membuat kita berputar-putar di angin untuk sementara waktu sehingga kita akan berpikir dua kali sebelum melakukan dosa yang sama lagi.

(4) Karena tumbuh dewasa, ketika kita tidak menaati orang tua kita, mereka mengambil hak-hak istimewa tertentu sampai kita membuktikan diri kita sendiri.

(5) Karena kita berpikir kita harus 'layak' atas belas kasihan Tuhan.

Tetapi ketika Anda menolak untuk mengampuni diri sendiri, Anda menyiratkan bahwa pelanggaran [dosa] Anda berada di luar jangkauan kasih karunia Tuhan. Itu adalah dosa yang lebih besar—kebanggaan! Dan inilah pemikiran lain. Ketika Anda selalu memiliki 'masalah' dengan orang lain, Anda mungkin mencari seseorang untuk menyinggung Anda. Dengan begitu, Anda dapat menunjukkan betapa buruknya orang lain dan merasa lebih baik. Ketika Anda mengadopsi sikap rendah hati dan berusaha untuk memaafkan diri sendiri karena tahu Tuhan telah membebaskan [membersihkan, mengampuni] Anda, lebih mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain.

SoulFood: Zef 6-9, Yoh 20:10-18, Maz 117, Ams 31:18-21
The Word for Today is authored by Bob and Debby Gass and published under licence from UCB International Copyright © 2023

Renungan Hari Ini Arsip

SunMonTueWedThuFriSat
21222324252627
28293031   
       
   1234
262728    
       
  12345
2728